Liputan Khusus LPMPK Kec. Dukun




Pentas Seni Anak-Anak SD Lereng Merapi


Dukun (20/3)-Anak-anak siswa SD di Kecamatan Dukun terlihat ceria. Mereka berkompetisi dalam Lomba Prestasi Mata Pelajaran dan Kreativitas (LPMPK) Sekolah Dasar se-Kecamatan Dukun.  Acara yang digelar di Gedung KPRI Widodo Kecamatan Dukun ini berjalan meriah.

“Sekolah-sekolah kita tampak antusias, terbukti peserta lomba pantonim ada 12 SD dan seni tari daerah 19 SD, “ujar Mujiman, M.M.Pd,  Pengawas TK/SD saat membuka lomba.

“Acara ini sebagai kelanjutan LPMPK yang digelar di SD Negeri Banyubiru 1 bulan lalu. Untuk cabang pantonim dan seni tari daerah sengaja kita laksanakan terpisah saat ini,” kata Tahrir, S. Pd menambahkan.

Orang pertama di jajaran UPT Disdikpora Kecamatan Dukun ini berharap, ajang LPMPK ini dapat berkontribusi untuk melestarikan kesenian daerah di wilayah Dukun. 

“Banyak kesenian rakyat Merapi yang dibawakan dengan sangat lincah oleh anak-anak SD, seperti tari keprajuritan, tari bondan payung, tari merak, soreng, jaranan, jathilan, topeng ireng dan sebagainya. Walaupun untuk pantonim baru pertama kali ini digelar, tetapi sekolah-sekolah ternyata sangat serius dalam mempersiapkan diri,” jelas Nurhadi, seorang guru yang bertugas sebagai juri.  

Setelah melalui penjurian yang kompetitif, terpilih sebagai juara 1 untuk  Pantonim adalah SDN Banyubiru 1, Juara 2 diraih SDN Sengi 2 dan Juara 3 SDN Banyubiru 2.

Sedangkan untuk seni tari daerah juara 1 diraih SDN Banyubiru 1 yang menampilkan Tari Soreng, Juara 2 diraih SD Kanisius Sumber dengan tari keprajuritan dan Juara 3 SDN Dukun 3.

(Sarindi Al MAnshurin, dari berbagai sumber)